Rabu, 12 Juni 2013

Mesin Absensi Sidik Jari

  1. Apa kelemahan absensi-absensi yang mengunakan sidik jari ?
    Prinsip dari absensi sidik jari adalah pengenalan pola sidik jari karyawan. Jika pola sidik jari ini tidak ada misalnya tertutup cat, dempul sehingga sidik jari karyawan tidak jelas, maka absensi sidik jari sukar digunakan
  2. Apa kelebihan D.A. Plus dengan sensor sidik jari U.are.U ?
    D.A. Plus bisa tetap mengenali sidik jari walaupun ada halangan antara jari dan sensor. Digambar berikut kami meletakkan seutas benang berukuran besar diantara jari dan sensor sehingga benang tersebut ter-scan bersama jari dan hasilnya sidik jari tetap bisa dikenali
    Kelebihan lain D.A. Plus dengan adalah peletakkan jari diatas sensor yang bebas, bisa berputar sampai 360°
  3. jari tetap dapat dikenali yaitu milik karyawan 001. Walaupun karyawan tersebut tidak bisa absensi karena belum waktunya untuk absensi pulang.
    D.A. Plus dengan sensor sidik jari U.are.U cukup fleksibel dan handal untuk tetap mengenali jari walaupun jari tersebut kotor. Tentunya dalam batas yang wajar.
  4. Apa kelemahan D.A. Plus dengan sensor sidik jari U.are.U ?
    D.A. Plus tidak bisa mengenali jari yang basah. Untuk karyawan yang tangannya sering berkeringat akan sedikit kesulitan saat absensi. Umumnya dengan membersihkan jari (dilap)sebelum men-scan jari sudah cukup mengatasi masalah ini. Saat jari basah di scan, maka bercak air akan menganggu pola sidik jari sehingga tidak bisa dikenali pola sidik jari tersebut.
    jari tidak dikenali karena bercak air sangat menggangu pola sidik jari. Di contoh kedua jari tetap dapat dikenali yaitu milik karyawan 001. Walaupun karyawan tersebut tidak bisa absensi karena belum waktunya untuk absensi pulang.
    Jari yang basah ini tidak merusak sensor karena jari basah tersebut hanya menyentuh kaca sensor tidak menyentuh langsung komponen optic sensor.
  5. Mengapa jari tidak dikenali ?
    · Jari karyawan belum diregistrasi (belum diambil contoh sidik jarinya).
    · Karyawan mengunakan jari yang bukan jari yang diregistrasi.
    · Letak jari di atas sensor tidak ditengah, sehingga saat di scan hanya sebagian kecil dari jari yang terscan. Jika ini terjadi cukup letakkan ulang jari persis di tengah sensor.
    · Jari kotor sehingga mengganggu pola sidik jari, bersihkan jari terlebih dahulu sebelum discan.
    · Jari basah sehingga mengganggu pola sidik jari, keringkan jari terlebih dahulu.
    · Jari mirip dengan jari lain, secara otomatis D.A. Plus akan menolak absensi jari yang diidentifikasi mempunyai kemiripan dengan jari lain yang ada di database contoh sidik jari. Ciri kejadian ini karyawan telah menscan jarinya lebih dari 5x dan selalu tidak dikenali. Solusinya ambil ulang contoh sidik jari dengan mengunakan jari lain dan contoh sidik jari dari jari ini bisa dihapus. Lihat halaman 79 di buku manual.
  6. Mengapa jari yang telah di verifikasi dan hasilnya 'dapat dikenali dan unik ' tetapi saat absensi dikatakan 'sidik jari tidak dikenali, ulangi' ?
    Kasus ini terjadi karena D.A. Plus mengidentifikasi ada beberapa contoh sidik jari yang mirip dengan jari tersebut atau justru D.A. Plus ragu untuk memastikan jari tersebut. Jika kasus ini terjadi, coba lakukan scan sampai 5x kali atau jika sering terjadi pada jari tertentu, maka ambil ulang contoh sidik jari dari karyawan tersebut dengan mengunakan jari yang lain. Contoh sidik jari yang lama sebaiknya dihapus agar tidak disalahgunakan
  7. Mengapa saat modul Absensi Sidik Jari dijalankan muncul pesan 'Sensor sidik jari tidak ada. Detail Absensi Plus (DA Plus) tidak dapat digunakan' ?
    Arti pesan tersebut D.A. Plus tidak menemukkan sensor sidik jari. Cara mengatasinya :
    · Pasang sensor atau mesin absensi sidik jari ke port USB di komputer tersebut.
    · Jika sensor telah terpasang dan pesan tersebut tetap muncul maka cabutlah sensor dari port USB dan tancapkan lagi dengan baik. Jika kabel USB Sensor tersebut dipanjangkan dengan mengunakan kabel extension USB maka cabut dan pasang kembali sambungan USB tersebut. Karena sambungan tersebut mungkin tidak tertancap dengan baik.
  8. Mengapa saat modul Absensi Sidik Jari dijalankan muncul pesan 'Nomor seri sensor tidak sama. Hubungi Detailsoft' ?
    Penyebab pesan ini muncul :
    · Sensor telah diganti dengan sensor lain yang bukan satu paket dengan D.A. Plus yang di-install dikomputer tersebut.
    · File Detailsoft.ini tidak ada / telah diubah.
    · Untuk sistem operasi Windows 98SE / Me lihat halaman 14 di buku manual.
 

Tidak ada komentar: